TAHUKAH KAMU ?

Tempat mencari info-info unik,android,kesehatan,blogger,ebook gratis,dan SEO

Nomophobia ! Penyakit yang menyerang pengguna gadget dan smartphone !



Nomophobia ! Penyakit yang menyerang pengguna gadget dan smartphone !

 

penyakit karena gadget dan smartphone
Nomophobia
Tahukah Kamu? – Pagi sobat blogger :) Pagi ini saya akan memberikan kalian berita unik nih. Berita unik ini berkaitan dengan gadget atau smartphone. Di zaman sekarang, penggunaan gadget dalam kehidupan sehari – hari memang tidak bisa dipisahkan dari kita. Banyak manfaat gadget yang bias kita dapatkan contohnya saja kita bisa melakukan surat menyurat melalui layanan email hanya dengan
menggunakan gadget dan smartphone kita. Tak hanya itu, kita juga bisa menggunakan layanin chatting yang berguna untuk mengetahui kabar dari sanak saudara atau pun teman – teman kita, layanan chatting ini seperti BBM, Line, Whatsapp, dan lain – lain. Namun tahukah anda, bahwa penggunaan gadget juga bisa menimbulkan penyakit baru pada manusia? Penyakit ini tergolong baru oleh para peneliti. Menurut mereka, penggunaan gadget lah yang menyebabkan penyakit ini bisa timbul dan berkembang. Ya nama penyakit itu adalah Nomophobia ! Mau tau lebih lengkapnya tentang Nomophobia ini? Berikut adalah ulasannya :

1.    Apa itu Nomophobia?


Nomophobia adalah singkatan untuk penyakit No – Mobile – Phone – Phobia, penyakit ini adalah penyakit dimana seseorang akan merasa khawatir dan ketergantungan pada smartphone miliknya secara berlebihan. Penyakit nomophobia ini menyebabkan pengidapnya tidak mau jauh dari ponsel dan gadgetnya. Melihat perilaku masyarakat saat ini yang banyak menggunakan gadget untuk aktifitas sehari – hari maka tidak heran jika penderita penyakit ini banyak sekali. Bahkan mereka pun tidak sadar bahwa diri mereka sudah menderita penyakit jenis baru ini. Lalu apa saja sih gelaja – gelaja dari penderita Nomophobia ini? Berikut saya berikan gejala – gejalanya :

2.    Suka membawa Smartphone ke dalam Kamar Mandi


Salah satu kegunaan adanya smartphone adalah agar kita bisa saling terhubung satu sama lain dengan cepat dan mudah. Dimana pun dan kapan pun kita bisa berhubungan dengan siapa pun melalui smartphone. Namun apakah normal jika anda membawa telfon anda kedalam kamar mandi? Ini adalah gelaja Nomophobia, mereka ( para penderita ) akan sulit dan cemas jika telfon mereka ditinggal saat kekamar mandi. Padahal saat kita menggunakan kamar mandi juga tidak akan lama – lama.

3.    Mudah Panik Jika Baterai Smartphone Menipis atau Hampir Habis


Penderita Nomophobia akan merasa khawatir dan cemas jika baterai smartphone dan gadget mereka menipis. Mereka akan mencari – cari stop kontak didekatnya untuk memenuhi kembali kapasitas baterai mereka. Namun ada juga yang menggunakan power bank untuk mengisinya kembali. Tidak seperti masyarakat normal lainnya yang jika baterai smartphone nya habis, penderita nomophobia akan merasa risau dan rishi bila baterai smartphonenya menipis.

4.    Smartphone Selalu Berada Disisinya saat Tidur


Ciri – ciri selanjutnya adalah jika mereka tidur selalu menaruh smartphone nya disebelah atau dibawah bantal. Hal ini mereka gunakan untuk mempermudah mereka saat memulai beraktifitas esok harinya. Namun hal ini adalah salah satu dari gejala – gejala nomophobia..

5.    Memulai Aktifitas dengan Membuka Smartphone


Jika orang normal mencuci muka atau pun mengambil wudhu untuk memulai aktifitas sehari – harinya, namun hal ini tidak berlaku kepada mereka para penderita nomophobia. Penderita akan memulai aktifitasnya dengan gadget di gengamannya. Biasanya mereka memulai dengan menuliskan post baru atau biasa kita sebut dengan update status pada setiap akun miliknya. Tidak perduli dengan penampilannya, mereka tetap akan melakukan hal tersebut sebai bagian dari hidupnya.


Itulah gejala – gejala nomophobia yang bisa saya berikan untuk kalian. Sebenarnya masih banyak lagi gejala – gejalanya namun saya membatasinya pada 4 hal tersebut. Intinya adalah para penderita nomophobia ini akan selalu menggenggam smartphonenya mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur malam. Memiliki smartphone dan gadget memang banyak kegunaannya namun kita juga harus bisa bersikap bijaksana dalam menggunakannya. Demikianlah yang bisa saya berikan untuk hari ini. Semoga artikel saya bermanfaat bagi orang banyak :) Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar disetiap bacaannya :) 




1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Anonymous said...

untung gak makai smartphone bro, tapi memang tetep si sebelum dan sesudah tidur pasti hp yang di lihat :D

Post a Comment

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata kotor
- Dilarang berkomentar dengan membawa unsur SARA ( Suku, Agama, Ras )
- Dilarang SPAM
- Dilarang promosi barang apapun

Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Menaruh link aktif
- Memasukan saran dan kritik

Jika anda melanggar peraturan diatas, maka dengan rasa maaf komentar anda saya hapus dari artikel

Popular Posts

Nomophobia ! Penyakit yang menyerang pengguna gadget dan smartphone !