TAHUKAH KAMU ?

Tempat mencari info-info unik,android,kesehatan,blogger,ebook gratis,dan SEO

Mitos – mitos di Indonesia yang Aneh dan Unik ! Percayakah Kalian dengan Hal ini ?



Mitos – mitos di Indonesia yang Aneh dan Unik ! Percayakah Kalian dengan Hal ini ?


Mitos - mitos yang ada di indonesia
Mitos

Tahukah Kamu? – Pagi sobat blogger :) Pagi ini saya akan memberikan informasi unik nih buat kalian. Informasi kali ini berkaitan dengan masa lalu. Bagi kalian yang masa kecilnya hidup di daerah perkampungan atau pun bagi kalian yang lahir di atas tahun 2000 an pasti mengenal dong apa itu mitos? Yap ! Banyak sekali mitos – mitos yang beredar dimasyarakat Indonesia pada
zaman dahulu. Bahkan diantara mitos – mitos tersebut masih ada yang mempercayainya sampai saat ini. Memang mitos dan kebudayaan kita berkembang sejalan. Dimana ada sebuah kebudayaan maka disitu ada mitos juga yang berkembang. Memang sampai saat ini kita belum bisa menjelaskan secara nalar bagaimana mitos itu bisa terjadi. Bahkan dizaman yang teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang pesat pun tidak bisa menjelaskan bagaimana mitos – mitos itu bisa terjadi. Lalu apa saja mitos – mitos yang berkembang di masyarakat Indonesia sampai saat ini ? Berikut adalah ulasannya untuk kalian :



1.    Menyapu tidak bersih dapat suami yang brewok




Yang ini adalah mitos – mitos yang berkembang pada wanita zaman dahulu. Aktifitas membersihkan rumah seperti menyapu ini memang adalah tugas dari para wanita. Namun, terkadang ada kalanya beberapa wanita melakukan hal ini secara terburu – buru sehingga mereka menyapu tidak bersih. Kalau sudah begini, maka ibu – ibu akan mengucapkan “ Kalau menyapu tidak bersih akan dapat suami brewok “ kepada anak wanitanya. Memang zaman dahulu, pria yang memiliki brewok dianggap tidak baik karena mencerminkan seorang penjahat. Untuk itulah banyak wanita yang tidak ingin jika memiliki suami yang brewok. Namun apakah saat ini mitos itu masih berlaku?



2.    Jangan duduk di didepan pintu ! Nanti susah dapat jodoh !




Hal ini pasti pernah kalian dengar saat kalian masih remaja. Saat seseorang melihat remaja duduk didepan pintu pasti akan mengucapkan mitos tersebut. Dilihat dengan akal pikiran, memang tidak baik jika kita duduk – duduk didepan pintu karena fungsi dari pintu adalah untuk menghubungkan sebuah ruangan dengan ruangan lainnya. Nah apa lagi kalau kita hanya duduk bermalas – malasan saja pastinya akan mengganggu orang lain buka? . Jika kamu bermalas – malasan maka kamu tiddak akan mendapatkan pengalaman hidup dan tidak menutup kemungkinan jika jodoh mu akan susah didapat. Jika kalian pikirkan, mana ada sih orang yang mau dapat jodoh orangnya pemalas?



3.    Main saat maghrib diculik wewe gombel




Zaman dahulu berbeda dengan zaman sekarang, jika sekarang anak – anak bisa bermain dirumah dengan adanya smartphone, tablet dan konsol games berbeda dengan anak zaman dahulu yang bermain permainan tradisional. Anak zaman dahulu memulai aktifitas bermain mereka pada siang hari dan akan pulang kerumah sebelum maghrib. Mereka pulang sebelum maghrib karena ingat dengan orang tua mereka yang mengatakan “ Jangan pulang maghrib – maghrib, anak yang gak nurut bakal diculik wewe gombel “. Tentunya dengan hal ini anak – anak akan mematuhi perintah orang tuanya tanpa tau apakah yang diucapkan orang tuanya itu benar atau tidak. Sebenarnya mitos ini hanya kecerdikan orang tua dalam mengawasi anaknya saja,kenapa? Karena orang tua sebenarnya hanya ingin menanamkan sikap disiplin waktu pada anak – anaknya.



4.    Mandi malam bisa menyebabkan rematik  




Ada lagi nih mitos yang dipercaya oleh orang Indonesia, mereka menganggap jika mandi malam akan mengalami penyakit rematik. Ternyata mitos ini terbukti loh dengan ilmu pengetahuan. Penjelasan tentang mitos ini adalah bahwa jika kita mandi malam bisa membuat tulang – tulang dan sendi kita akan terasa nyeri. Rasa nyeri tersebut disebabkan karena hawa atau suasana malam bisa menghambat penyaluran oksigen kedalam tulang kita sehingga terjadi penyempitan dan menimbulkan rasa nyeri. Nah kalau memang sudah terbukti, apakah kalian akan mandi malam lagi ?



Baca juga artikel lainnya : 5 Motor Tercepat dan Termahal di Dunia



Itulah mitos – mitos yang ada di masyarakat Indonesia. Meskipun banyak mitos – mitos lain yang tidak bisa dipecahkan namun sudah ada beberapa mitos yang bisa kita pecahkan dengan ilmu pengetahuan. Mitos memang bisa memiliki nilai positit dan negatifnya. Banyak juga masyarakat sekarang yang tidak percaya dengan mitos. Namun sebagai bangsa Indonesia kita harus tetap menjaga mitos – mitos tersebut karena mitos adalah bagian dari budaya kita. Demikianlah yang bisa saya berikan untuk kalian hari ini. Semoga artikel ini bisa menmbah wawasan kalian. Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar disetiap bacaannya :)




0 komentar:

Post a Comment

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata kotor
- Dilarang berkomentar dengan membawa unsur SARA ( Suku, Agama, Ras )
- Dilarang SPAM
- Dilarang promosi barang apapun

Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Menaruh link aktif
- Memasukan saran dan kritik

Jika anda melanggar peraturan diatas, maka dengan rasa maaf komentar anda saya hapus dari artikel

Popular Posts

Mitos – mitos di Indonesia yang Aneh dan Unik ! Percayakah Kalian dengan Hal ini ?