TAHUKAH KAMU ?

Tempat mencari info-info unik,android,kesehatan,blogger,ebook gratis,dan SEO

Menu Berbuka Puasa Masyarakat Indonesia ! Berbuka dengan Apakah Anda Hari ini ?

Menu Berbuka Puasa Masyarakat Indonesia ! Berbuka dengan Apakah Anda Hari ini ?

makanan khas bulan ramadhan
Ilustrasi Menu Berbuka

Tahukah Kamu ? - Pagi sobat blogger :) Di pagi bulan ramadhan ini saya akan memberikan informasi tentang makanan apa saja yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk berbuka. Setelah 12 jam kita berpuasa menahan hawa nafsu tentunya akan menjadi moment tersendiri saat berbuka. Banyak yang berbuka mencontoh cara berbukanya Nabi Muhammad SAW. Namun ada juga nih yang mencari makanan khas saat berbuka. Kenapa dibilang khas ? Itu karena beberapa makanan ini hanya dapat kita jumpai di saat bulan ramadhan saja. Makanan - makanan ini sangat banyak dan mudah kita dapatkan di pasar - pasar atau pinggir jalan. Biasanya sih sebelum berbuka, banyak masyarakat Indonesia yang menghabiskan waktunya untuk berburu kuliner ramadahan ini. Mereka yang memburu biasanya sudah tau apa saja yang mau mereka beli atau bahkan diantaranya membeli makanan yang belum pernah mereka beli untuk dicicipi cita rasanya. Untuk para pedagang, biasanya mereka menggelar lapak - lapaknya mulai pukul 3 sore sampai dengan azan maghrib berkumandang. Dari segi penjualan ini juga mereka mendapatkan berkah rezeki yang yang berbeda dengan bulan - bulan yang lainnya. Oke langsung saja saya akan memberikan apa saja kuliner khas ramadhan yang menjadi buruan masyarakat Indonesia. Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Goregan

makanan khas bulan ramadhan


Yap ! Makanan ini bisa kalian temukan saat ramadhan. Makanan ini memang bukan hanya di bulan ramadhan saja bisa kita jumpai namun penjual gorengan pada saat bulan ramadhan biasanya lebih banyak dibandingkan bulan - bulan yang lain. Gorengan menjadi menu utama saat berbuka puasa, rasanya yang gurih ditambah dengan bumbu kacang atau pun cabe bisa menambah cita rasa saat berbuka. Namun perlu kalian ketahui bahwa makan gorengan disaat berbuka puasa akan menimbulkan sakit tenggorokan atau batuk bagi mereka yang mempunyai daya tahan tubuh dibawah rata - rata orang pada umumnya, Itu karena gorengan mengandung sifat panas saat dimakan.


2. Es kelapa 

makanan khas bulan ramadhan


Berikutnya adalah es kelapa muda. Biasanya penjual es ini banyak dicari orang banyak. Karena sifatnya yang manis bisa mengembalikan kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa. sekarang banyak varian es kelapa mulai dari es kelapa yang dicampur dengan berbagai agar - agar sampai dengan es kelapa yang dicampur dengan buah timun suri. Namun kita sebagai pembeli harus cermat dalam membeli, pasalnya ada beberapa oknum yang mengambil untung dari berjualan seperti ini karena bisa saja mereka menambahkan pemanis buatan kedalam produk jualannya.

3. Kolak

makanan khas bulan ramadhan


Makanan yang memiliki ciri khas manis ini sangat disukai banyak masyarakat Indonesia. Tidak sulit mencari makanan yang satu ini, dilihat dari penampilannya saja kita sudah dapat mengetahui bahwa itu kolak. Penampilan makanan ini khas yaitu berwarna coklat. ada beberapa varian kolak mulai dari kolak pisang sampai dengan kolak biji salak. Harga nya pun terjangkau jadi pas banget buat menu buka puasa kita nanti.

4. Jajanan Pasar

makanan khas bulan ramadhan


Yang terakhir ada jajanan pasar. Yap jajanan pasar ini banyak sekali macamnya. Mulai dari jajanan pasar yang basah sampai dengan yang kering. Jajanan pasar ini contohnya adalah klepon, apem kukus, serabi, bika ambon dan sebagainya. Makanan ini pun tergolong murah karena dijual mulai dari Rp 3.000.000 an. Kue - kue ini biasanya dijual dengan berbagai varian tergantung dari si penjualnya.


Itulah tadi makanan - makanan untuk berbuka puasa. Banyaknya penjual makanan saat bulan ramadhan menjadi berkah sendiri bagi berbagai kalangan. Namun ada juga oknum yang memanfaatkan moment ini untuk mengambil keuntungan sebanyak - banyaknya dan dengan cara yang kurang baik. Kita sebagai pembeli harus cermat juga dalam membeli makanan jangan sampai makanan yang kita beli memiliki efek samping nantinya. Demikianlah yang bisa saya berikan hari ini. Semoga artikel ini membantu anda yang mencari referensi berbuka puasa. Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar disetiap bacaannya :)




0 komentar:

Post a Comment

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata kotor
- Dilarang berkomentar dengan membawa unsur SARA ( Suku, Agama, Ras )
- Dilarang SPAM
- Dilarang promosi barang apapun

Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Menaruh link aktif
- Memasukan saran dan kritik

Jika anda melanggar peraturan diatas, maka dengan rasa maaf komentar anda saya hapus dari artikel

Popular Posts

Menu Berbuka Puasa Masyarakat Indonesia ! Berbuka dengan Apakah Anda Hari ini ?