TAHUKAH KAMU ?

Tempat mencari info-info unik,android,kesehatan,blogger,ebook gratis,dan SEO

6 Hal Yang Ada Di Hari Raya Idul Fitri !

 6 Hal Yang Ada Di Hari Raya Idul Fitri !

berita unik seputar lebaran

Tahukah Kamu? - Pagi sobat blogger :) Sebentar lagi kita akan menyambut hari raya Idul Fitri nih, apakah kalian udah siap - siap untuk mudik ke kampung halaman ? Yap ! Mudik memang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia untuk menyambut hari kemenangan. Bersilaturahmi ke kampung halaman memang menjadi aktivitas yang tidak bisa dipisahkan. Banyak masyarakat yang lebih dari setahun merantau dan pulang kekampung halaman dengan membawa hasil jerih payahnya merantau. Tidak jarang kita mendengar berita tiket kereta api sudah habis terjual sebelum hari raya idul fitri. Mereka yang akan pulang kekampung halaman memang sudah memesan tiket jauh - jauh hari sebelum datangnya hari lebaran. Tidak hanya menggunakan kereta api saja namun para pemudik ini ada juga yang menggunakan alat transportasi pribadi seperti motor dan mobil. Untuk memberikan rasa nyaman saat mudik,pemerintah pun setiap tahunnya memperbaiki jalur - jalur mudik di beberapa daerah. Selain mudik dan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman ternyata beberapa hal dibawah ini hanya bisa kita lihat pada hari raya Idul Fitri saja. Mau tau apa saja yang menjadi ciri khas hari lebaran  dan apa saja yang tidak bisa kita lihat hari lain ? Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. THR ( Tunjangan Hari Raya )


Ini dia yang selalu ditunggu saat hari raya lebaran. Ya, THR ! lebaran memang membawa kebahagiaan tak terkecuali bagi mereka para anak - anak atau pun remaja. Biasanya mereka mendapatkan THR dari orang tuanya, paman, bibi ataupun keluarga besar lainnya. Mereka sangat menantikan moment ini saat pertama kali puasa. Biasanya THR yang mereka dapatkan akan digunakan untuk membeli barang yang mereka inginkan. Untuk para orang dewasa biasanya mendapatkan THR ini dari tempatnya bekerja. Sebelum cuti bersama biasanya bos ataupun atasan akan memberikan THR kepada para pekerjanya. 

2. Ketupat dan Opor Ayam


Makanan yang menjadi icon dihari raya Idul Fitri adalah ketupat. Ketupat sangat mudah kita jumpai saat hari raya lebaran. Biasanya teman untuk makan ketupat ini adalah opor ayam. Makanan ini memang menjadi favorit dimasyarakat Indonesia saat hari lebaran. Ketupat ini masih ada yang membuatnya sendiri dirumah namun tidak sedikit pula yang membelinya dipasar. Baik yang hanya membeli pembungkusnya saja maupun ketupat yang sudah jadinya. Bagi para penjual ketupat sendiri hal ini merupakan berkah dan tambahan rezeki untuk mereka mudik lebaran

3. Mudik


Mudik adalah acara tahunan masyarakat Indonesia. Mudik menjadi agenda rutin bersilarutahmi dengan sanak saudara dikampung. Mereka yang mudik biasanya sudah memiliki persiapan jauh - jauh hari sebelum hari keberangkatan. Biasanya mereka membeli tikel kereta, kapal laut maupun pesawat jauh sebelum hari raya lebaran. Tidak hanya sekedar bersilaturahmi saja namun mereka juga membawa hasil perantauan mereka dan menunjukannya kepada keluarga besarnya. Contohnya saja bagi mereka yang sudah sukses diperantauan dan sudah bisa membeli mobil pribadi maka mereka akan membawa mobilnya tersebut untuk mudik kekampung halaman. 


4. Baju Baru


Baju baru sudah menjadi hal wajib saat hari raya lebaran. Biasanya mereka yang bersilaturahmi ke keluarga besar maupun ke tetangga - tetangga akan memakai baju baru. Sebenarnya ada makna kenapa masyarakat Indonesia menggunakan baju baru. Baju bermaknakan hati yang baru dan bersih. Mereka yang sudah berpuasa selama 1 bulan lamanya tentu akan mendapatkan hal yang baru. Mereka akan dihapuskan dosanya dan akan kembali ke fitrinya ( terlahir kembali suci ). 

5. Berziarah ke makam 


Bagi mereka yang sudah ditinggalkan orang tua maupun saudara maka hal ini adalah hal yang pertama mereka lakukan setelah shalat Idul Fitri. Mereka akan berbondong - bondong pergi kemakam orang tua ataupun saudara untuk berziarah. Tujuannya adalah untuk berliaturahmi. Bersilarutahmi tidak hanya dilakukan dengan mereka yang masih hidup namun juga dilakukan dengan mereka yang sudah mendahului kita. Lalu bagaimana cara bersilarutahminya ? Caranya cukup dengan membacakan doa agar mereka yang sudah mendahului kita bisa tenang disana


6. Kue lebaran


Hal yang wajib ada di setiap rumah saat lebaran tiba adalah kue. Kue ini bisa kue tradisional maupun kue - kue modern yang bisa kita beli di supermarket - supermarket terdekat. Biasanya kue - kue ini mereka bikin sendiri. Kue - kue lebaran yang terkenal adalah rengginang, nastar, kue putri salju, oppak, dan lain - lain.


Itulah tadi hal - hal yang hanya bisa kita jumpai saat lebaran. Lebaran memang membawa kebahagiaan bagi semua orang. Namun bagi mereka yang kurang mampu tentunya harus mendapatkan perhatian dari kita. Kita bisa membantu mereka yang kurang mampu dengan memberikan sedikit makanan kepada mereka. Tidak ada ruginya kita berbagi dengan mereka karena makna Idul Fitri adalah kebahagiaan bersama :) Demikianlah yang bisa saya berikan hari ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Saya dari blog TAHUKAH KAMU? mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin :)




4 komentar:

xsaa said...

tapi kalau udah gede mah kita yang ngasih thr sendiri gan hehe

Unknown said...

Hahaha,iyalah gan bangga kalau udah bisa ngasih mah :D

Han Fauziyah said...

LEBARAAAN SEBENTAR LAGIII YEAAAH.
baca postingan ini jadi kangen opor ayaaaaam... apalagi kalau makan bareng ketupat, keluarga,,,,,, abis shalat IED.

salam kenal ya!

Lirik lagu said...

hihihi opor ayam is the best
.
.
.
Perjalanan Menuju Kesadaran yang lebih Tinggi

Post a Comment

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata kotor
- Dilarang berkomentar dengan membawa unsur SARA ( Suku, Agama, Ras )
- Dilarang SPAM
- Dilarang promosi barang apapun

Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Menaruh link aktif
- Memasukan saran dan kritik

Jika anda melanggar peraturan diatas, maka dengan rasa maaf komentar anda saya hapus dari artikel

Next Older Post

Popular Posts

6 Hal Yang Ada Di Hari Raya Idul Fitri !