TAHUKAH KAMU ?

Tempat mencari info-info unik,android,kesehatan,blogger,ebook gratis,dan SEO

Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli ! Cermat Sebelum Membeli !

Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli ! Cermat Sebelum Membeli !

Cara membedakan beras asli dan beras plastik
Beras Plastik

 

Tahukah Kamu? - Pagi sobat blogger :) akhir-akhir ini kita dibuat heboh dengan adanya beras plastik. Masalah ini sudah menjadi masalah nasional karena kita mengetahui bahwa beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Banyak orang yang merasa was-was ketika berbelanja beras dipasar. Masyarakat awam banyak yang belum mengetahui ciri-ciri dari beras plastik ini,padahal jika mereka mengetahuinya akan lebih efektif dalam berbelanja. Memang banyak oknum nakal yang mencampurkan beras asli dan juga beras plastik untuk meraup untung yang lebih besar sehingga mengorbankan kesehatan para konsumennya. Pemerintah pun sudah melakukan sidak di berbagai pasar di Indonesia, namun apakah kita akan percaya begitu saja dengan hasil penyelidikan pemerintah. Mungkin saat melakukan sidak, para oknum tersebut menyembunyikan beras plastik tersebut dan ketika sidak selesai mereka kembali menjual barang tidak layak konsumsi tersebut. Untuk itulah kita sebagai masyarakat sudah sepatutnya mengetahui ciri-ciri dari beras plastik guna mencegah peristiwa yang tidak kita inginkan. Nah mau tau bagaimana ciri-ciri beras plastik? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Bawalah beras ketempat terang

Ini adalah cara yang mudah dan cepat mengetahui apakah beras yang kita beli adalah beras plastik atau bukan. Kita bisa mengujinya sendiri ditempat kita membeli beras. Bawalah sempel beras yang ingin kita beli ketempat yang lebih teras, lebih mudah jika tempat tersebut terdapat sinar matahari langsung. Perhatikanlah dengan seksama sempel beras tersebut. Jika beras yang hendak kita beli berwarna transparan maka patut dicurigai bahwa itu adalah beras plastik. Kenapa demikian ? Jawabannya mudah, salah satu ciri utama beras asli adalah terdapat warna putih susu didalam berasnya, dan putih susu tersebut biasanya ada diujung beras. Sedangkan beras plastik tidak memiliki warna putih susu tersebut pada seluruh bagian beras.

2. Rendamlah didalam air

Cara berikutnya adalah dengan merendam beras dalam air. Salah satu ciri plastik adalah MUDAH TERAPUNG. Itulah sebabnya saya menyarankan agar merendam beras dalam air. Karena dengan hal ini kita dapat mengetahui apakah beras itu asli atau plastik. Jika sempel yang kita rendam seluruhnya tenggelam didasar wadah maka itu berarti beras yang kita beli adalah beras asli, namun jika ada beras yang mengapung diatas permukaan air maka kita patut mencurigai bahwa beras itu sudah dicampur dengan beras plastik. Cara mengujinya cukup mudah yakni kita harus membawa sebotol air, bisa air dalam kemasan. Kemudian kita tinggal rendam saja sempel beras.

3. Bakarlah beras tersebut

Cara selanjutnya adalah dengan membakarnya. Cara ini bisa kalian lakukan saat dirumah, caranya adalah dengan membakar beras tersebut sampai api yang membakarnya habis. Jika beras tersebut menjadi abu pada saat dibakar itu menandakan bahwa beras tersebut adalah beras asli. Sedangkan jika beras tersebut meningggalkan sisa seperti lelehan maka beras tersebut sudah tentu beras plastik. 

4. Rasakan tekstur beras setelah dimasak

Nah jika kita lupa cara-cara diatas dan sudah memasak beras yang kita beli masih ada cara tekakhir nih yaitu dengan mengenali tekstur beras. Jika setelah dimasak beras tersebut bertekstur KENYAL maka beras yang anda masak adalah beras plastik. Kenapa demikian? Itu karena beras plastik memiliki campuran karet didalamnya sehingga jika kita memasaknya dengan suhu tinggi karet tersebut akan terasa kenyal saat disentuh.


Demikianlah yang bisa saya berikan untuk hari ini. Pesan saya bagi kalian yang membaca artikel ini adalah berhati-hatilah saat membeli sesuatu barang, karena kita tidak pernah tau apakah barang tersebut baik ataupun buruk. Cermatlah juga dalam membeli agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga artikel ini membantu anda dalam mengetahui ciri-ciri beras plastik. Pembaca yang baik adalah yang selalu meninggalkan komentar disetiap bacaannya :)
 




3 komentar:

Anonymous said...

ya sudahlah, sekarang jangan makan beras, makan sagu aja lah :v

Unknown said...

Makan sagu sama jagung ya bro? =D

Anonymous said...

Puasa makan nasi jadinya , hehe
https://caraalamimemutihkankulit25.wordpress.com/2015/06/01/cara-alami-memutihkan-kulit/

Post a Comment

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Dilarang berkomentar dengan kata-kata kotor
- Dilarang berkomentar dengan membawa unsur SARA ( Suku, Agama, Ras )
- Dilarang SPAM
- Dilarang promosi barang apapun

Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Berkomentar di Blog ini :
- Menaruh link aktif
- Memasukan saran dan kritik

Jika anda melanggar peraturan diatas, maka dengan rasa maaf komentar anda saya hapus dari artikel

Popular Posts

Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli ! Cermat Sebelum Membeli !